Terapi Pengobatan penyakit Efusi Pleura | Gudang artikel

Terapi Pengobatan penyakit Efusi Pleura

Sabtu, 14 Juli 2018

Tujuan pengobatan efusi pleura adalah menemukan penyebab dasar, untuk mencegah penumpukan kembali cairan, dan untuk menghilangkan ketidaknyamanan serta dispneu. Pengobatan spesifik ditujukan pada penyebab dasar (co; gagal jantung kongestif, pneumonia, sirosis) serta meningkatkan kualitas hidup pasien.

A.  TATA LAKSANA TERAPI
Penatalaksanaan efusi pleura tergantung dari kelainan patologi yang mendasarinya :
1.      Terapi penyakit dasar
Apabila jumlah cairan dalam rongga pleura sedikit, maka dilakukan pengobatan terhadap penyebab efusi pleura. Efusi pleura karena bakteri, baik bakteri anaerob maupun bakteri aerob ( Streptococcus pneumonie, Staphylococcus aureus, Pseudomonas, Hemophillus, E.Coli, Pseudomonas, Bakteriodes, Fusobakterium) terapinya dilakukan  dengan pemberian antibiotic ampicillin dan metronidazol.      
2.      Terapi paliatif


3.      Torakosentesis
Torakosentesis dilakukan bila jumlah cairan didalam rongga pleura banyak. Fungsi torakosentesis ini untuk membuang cairan, untuk mendapatkan specimen guna keperluan analisis dan untuk menghilangkan dispneu, sedangkan untuk tujuan teraputik pada efusi pleura tuberculosis dilakukan atas beberapa indikasi:
-          Menghilangkan sesak yang ditimbulkan cairan
-          Bila terapi spesifik pada penyakit primer tidak efektif atau gagal
-          Bila terjadi reakumulasi cairan
-          Suhu badan dan keluhan subjektif masih ada
4.      Pemasangan WSD (Water Seal Drainage)
WSD dilakukan apabila cairan yang ada didalam rongga  pleura berupa cairan kental dan banyak. Pemasangan  WSD dilakukan dengan menggunakan pipa intubasi melalui sela iga. Tujuan pemasangan WSD antara lain :
-          Mengeluarkan cairan atau darah, udara dari rongga pleura
-          Mengembalikan tekanan negative pada rongga pleura
-          Mengembangkan kembali paru yang kolaps
-          Mencegah refluks drainage kembali ke dalam rongga dada
5.      Pleurodesis
Pleurodesis bertujuan melekatkan pleura viseralis dengan pleura parietalis. Tindakan ini menggunakan zat kimia (tetrasiklin, bleomisin, thiotepa, corynebacterium, parfum, talk). Pleurodesis dilakukan bila cairan amat banyak dan selalu terakumulasi kembali. Biasanya dilakukan untuk penanganan kasus efusi pleura keganasan.


0 komentar:

Posting Komentar