SOP PENGADAAN SEDIAAN FARMASI
|
Tanggal Revisi : 5 november 2012
Tanggal
Berlaku : 15 november 2012
Nomor Dokumen
: IFRS/I/2012
|
||||
1. Tujuan :
a. Pengendalian
pengadaan obat
b. Efektifitas kinerja sistem instalasi
farmasi sesuai prosedur.
c.
memenuhi kebutuhan operasional yang telah digariskan sesuai perencaan,
permintaan, penganggaran.
|
|||||
2. Ruang Lingkup :
menetapkan pengelolaan obat di rumah sakit
|
|||||
3. Target Mutu :
a. 95% barang yang diminta dapat terpenuhi.
b. tidak terjadi stok out obat
|
|||||
4. Definisi :
Pengadaan obat adalah upaya
pemenuhan kebutuhan obat sesuai dengan jenis, jumlah dan mutu yang telah direncanakan sesuai kebutuhan unit
pelayanan kesehatan di rumah sakit.
|
|||||
5. Referensi :
keputusan
menteri kesehatan nomor 1197/menkes/sk/x/2004 tentang Standar Pelayan Farmasi di Rumah
Sakit.
|
|||||
6. Didistribusikan
Kepada :
instalasi farmasi
|
|||||
7. Ketentuan Umum
:
mengadakan perbekalan farmasi berpedoman
pada perencaan yang telah dibuat sesuai ketentuan yang berlaku, memproduksi perbekalan
farmasi untuk memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan di RS, menerima
perbekalan farmasi sesuai dengan spesifikasi dengan ketentuan yang berlaku.
Metode pengadaan dengan menggunakan pembelian Tender dan kontrak kerja.
|
|||||
8. Prosedur :
|
|||||
Aktivitas
|
Penanggung
Jawab
|
Formulir
|
Batas
Waktu
|
||
Meninjau
atau memeriksa kembali tentang pemilihan obat (seleksi obat)
|
Ketua Instalasi Farmasi
|
-
|
Tiap tahun per
31 desember
|
||
Menyesuaikan
atau mencocokan kebutuhan dan dana.
|
Ketua Instalasi Farmasi
|
-
|
Akhir bulan sebelum pemesanan awal bulan berikutnya
|
||
Memilih
metode pengadaan.
|
Ketua Instalasi Farmasi
|
-
|
Evaluasi tiap akhir tahun
|
||
memilih calon penyedia obat
(supplier ).
|
Ketua Instalasi Farmasi
|
-
|
Evaluasi tiap akhir tahun
|
||
Menentukan
syarat-syarat atau isi kontrak dengan suplier
|
Ketua Instalasi Farmasi
|
Formulir
MOU
|
Pada awal dilakukan perjanjian
|
||
Melakukan
pemesanan obat
|
Ketua Instalasi Farmasi
|
Formulir
Surat Pesanan
|
Tiap bulan pada tanggal 5
|
||
Menerima
dan mengecek obat.
|
Ketua Instalasi Farmasi
|
Formulir
Penerimaan
|
Tiap barang datang (2 hari setelah pemesanan)
|
||
Melakukan
pembayaran.
|
bagian keuangan RS
|
-
|
Tiap awal bulan pada tanggal 2
|
||
Mengumpulkan
informasi mengenai pemakaian obat.
|
Ketua Instalasi Farmasi
|
-
|
Tiap akhir bulan tanggal 27
|
||
9.
lampiran Umum :
|
SOP Pengadaan Sediaan Farmasi
Diposting oleh
Iyandri Tiluk Wahyono
di
21.54
Sabtu, 13 April 2019
Dalam penyediaan obat untuk penyedia jasa kesehatan terdapat beberapa standar operasional prosedur atau sering di sebut SOP. Berikut contoh SOP dalam pengadaan sediaan farmasi.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Total Tayangan Halaman
Categories
- Agama (2)
- Akper (8)
- Akuntansi (45)
- Bahasa (2)
- Bisnis (1)
- Edukasi (1)
- Ekonomi (2)
- Farmasi (30)
- Fisika (1)
- Gizi (1)
- Internet (1)
- IPS (1)
- Kedokteran (4)
- Kesehatan (4)
- Kesehatan masyarakat (4)
- Keuangan (1)
- Kewirausahaan (5)
- Komunikasi (1)
- Lingkungan (2)
- manajemen (5)
- Matematika (6)
- Otomotif (1)
- Pendidikan (8)
- Perawat (2)
- Peternakan (1)
- Sistem Informasi (2)
- Sosial (1)
- Tekhnik (2)
- Tekhnologi (2)
Pengikut
Diberdayakan oleh Blogger.
Artikel Lainnya
Postingan Populer
-
DERET Yaitu rangkaian bilangan yang disusun secara teratur dan memenuhi kaidah tertentu. Suku adalah bilangan pembentuk deret Diliha...
-
Untuk download versi dokumen word klik disini BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Praktek Kerja Lapangan Usaha ...
-
Pernyataan Akuntansi Keuangan No 2 Konsep Karakteristik Kualitatif Informasi Akuntansi STATUS Issued: Mei 1980 Mempengaruhi: Tidak...
-
KASUS PELANGGARAN KODE ETIK APOTEKER DI RUMAH SAKIT Seorang pasien mendapat resep obat paracetamol generik, tetapi karena obat paraceta...
-
Pelayana n informas i oba t di definisika n sebaga i kegia t an penyediaa n da n pemberia n informasi , rekomendas i obat yan g independe...
-
Satelit Farmasi Gawat Darurat dikelola Instalasi farmasi rawat inap oleh lima orang Asisten Apoteker (AA) yang dipimpin oleh satu orang ...
-
IFRS: Property, Plant, and Equipment Aset tetap atau PPE (Property, Plant, and Equipment) adalah aset berwujud (tangible assets) yan...
-
1. Pengertian membaca permulaan Membaca permulaan merupakan tahapan proses belajar membaca bagi siswa sekolah dasar kelas awal. Siswa belaj...
-
Seleksi obat dilakukan oleh oleh panitia farmasi dan terapi (PFT) dengan menyusun suatu daftar obat dan alat kesehatan yang akan digunaka...
-
A.PENDAHULUAN Konpensasi manajemen adalah berbagai bentuk imbalan yang diberikan organisasi kepada para karyawannya atas waktu, pikiran...
0 komentar:
Posting Komentar