| Gudang artikel

Konpensasi Manajemen

Jumat, 04 Januari 2019

A.PENDAHULUAN
Konpensasi manajemen adalah berbagai bentuk imbalan yang diberikan organisasi kepada para karyawannya atas waktu, pikiran dan tenaga yang telah dikontribusikannya kepada organisasi. konpensasi manajemen adalah merupakan salah satu unsur penting dalam system pengendalian manajemen karena system kompensasi dapat mempengaruhi aggota organisasi.
Sistem pengendalian manajemen merupakan alat implementasi strategi. Efektivitas peleksanaan strategi tergantung pada interaksi empat factor yaitu struktur organisasi, pengendalian manajemen, peran sumbar daya manusia, sarta budaya organisasi. Salah satu unsure yang sangat penting sumber daya manusia atau modal manusia (human capital) yang akan melaksanakan strategi. Modal manusai ini perlu dijaga oleh perusahaan dengan menciptakan system konpensasi yang dapat mendorong kinerja dan menjaga agar modal manusia tidak meninggalkan perusahaan.
 Keselarasan tujuan (goal congruence) merupakan inti dari Sistem Pengendalian Manajemen. Organisasi dapat seimbang apabila dapat mewujudkan keselarasan tujuan antara tujuan organisasi degan tujuan dari masing-masing individu atau sumberdaya manusia yang ada dalam perusahaan. Humam capital akan memberikan kontribusi yang maksimal dalam mencapai tujuan perusahaan, sebaliknya kontribusi yang maksimal tersebut harus diberikan imbalan dalam bentuk kompensasi yang memuaskan. Oleh karena itu, manajemen perushaaan harus berupaya mendorong kebijakan yang dapat menjaga semangat para pekerjannya dalam melakukan pekerjaannya didalam perusahaan setiap hari, yaitu kebijakan kompensasi manajemen berbasiskan kinerja, yaitu kebijakan yang sesuai dengan keinginan pemilik perusahaan dan sekaligus memuaskan seluruh human capital atau orang-orang yang bekerja di dalam perusahaan. Sistem kompensasi berbasiskan kinerja ini harus dapat membedakan karyawan produktif dengan yang kurang atau tidak produktif, yang rajin dan malas, yang pintar dan kurang pintar.



B.Penemuan Penelitian Atas Insentif Organisasional
Kunci untuk memotivasi orang untuk berperilaku dalam sikap yang memajukan tujuan organisasi terletak pada cara insentif organisasi yang menghubungkan dengan tujuan individu. Insentif dapat digolongkan menjadi insentif positif atau imbalan (reward) merupakan hasil yang menambah kepuasan dari kebutuhan individu, dan insentif negatif atau hukuman adalah hasil yang mengurangi kepuasan dari kebutuhan individu. Imbalan berupa insentif adalah daya tarik untuk memuaskan kebutuhan mereka yang setiap individu tidak dapat memperolehnya tanpa menjadi anggota organisasi tersebut.
C.Kerakteristik Dari Rencana Kompensasi Insentif
Total kompensasi untuk manajer terdiri dari tiga komponen yaitu :
1.      Gaji
2.      Tunjangan (pension, kesehatan, dan lainya)
3.      Kompensasi insentif
Tiga komponen itu bersifat independen, tetapi yang ketiga berhubungan secara spesifik dengan fungsi pengendalian manajemen. Rencana kompensasi insentif dapat dibagi menjadi rencana insentif jangka pendek dan rencana insentif jangka panjang.
·         Rencana Insentif  Jangka Pendek (Short-Term Incentive Plans)
·         Metode Kantong Total Bonus (The Total Bonus Pool ) kantong bonus adalah jumlah bonus yang dapat dibayarkan kepada kelompok karyawan yang mempunyai kualifikasi dalam tahun tertentu. Beberapa cara untuk membentuk kantong bonus :
1.      Bonus sama dengan persentase dari laba (metode yang paling sederhana ).
2.      Bonus didasarkan kepada persentase laba per lembar saham.
3.      Bonus didasarkan laba dari modal yang diinvestasikan.
4.      Bonus didasarkan pada pertambahan laba dibandingkan laba tahun lalu.
Pada metode ini, pembayaran bonus ditetapkan pada kebijakan manajemen (komite dewan direksi) setiap tahun. Metode ini lebih fleksibel, karena pembayaran tidak ditentukan secara otomatis oleh formula dan dewan direksi dapat melakukan penilaian, namun kekurangannya adalah bonus kurang berhubungan langsung dengan prestasi sekarang ini.
·         Kompensasi Ditunda (Diferred Compensation ). Bonus dihitung secara tahunan, tetapi pembayaran dibagi ke dalam beberapa tahun (biasanya lima tahun). Pada metode ini, pembayarannya sebagian didasarkan kinerja beberapa periode yang lalu. Keuntungan dari metode ini terutama adalah mendorong para pembuat keputusan untuk berpikir jangka panjang. Kelemahannya, dalam keadaan tertentu manajer tidak akan menerima bonus yang ditunda, jika dia meninggalkan perusahaan sebelum bonus tersebut dibayarkan.
·         Rencana insentif jangka panjang (Long-Term Incentive Plans). Premis dasar dari rencana ini adalah pertumbuhan nilai saham biasa perusahaan yang merefleksikan kinerja jangkan panjang.
·         Stock option (pilihan Saham). Opsi saham adalah hak untuk membeli sejumlah saham, pada atau sesudah tanggal tertentu dikemudian hari. Metode ini, mernberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli sejumlah saharn pada periode tertentu di masa depan dan dengan harga tertentu.
·         Saham Pantom (Phantom Shares). Saham pantom memberikan sejumlah saham kepada para manajer, tetapi hanya untuk tujuan pembukuan. Pada metode ini, perusahaan memberikan hak kepada karyawan untuk menerima uang sejumlah kenaikan nilai saham sampai tanggal tertentu. di masa depan.
·         Hak Apresiasai Saham (Performance Shares). Rencana imbalan kinerja saham adalah memberikan sejumlah lembar saham kepada manajer ketika tujuan jangka panjang tertentu telah dicapai. Biasanya tujuan adalah untuk mencapai pertumbuhan persentase pada laba per lembar saham.
·         Kinerja Unit (Performance Unit). Pada rencana kinerja unit, bonus tunai dibayarkan ketika target-target jangka panjang tertentu tercapai. Metode ini merupakan penggabungan hak apresiasi saham dengan kinerja saham.
D. Insentif Untuk Pejabat Korporat
Total bonus pool dibagi untuk manajer korporat dan manajer unit bisnis. Setiap manajer korporat, kecuali CEO, bertanggung jawab atas sebagian kinerja perusahaan secara keseluruhan, sehingga atas bonus (biasanya bersifat subyektif, karena sulit mengukur). Kompensasi untuk CEO biasanya didiskusikan oleh dewan direksi berupa komite kompensasi .
E. Insentif Untuk Manajer Unit Bisnis
            Jenis-jenis insentif:
a.       Insentif bisa berupa finansial dan psikologi
b.      Besar Bonus Relatif Terhadap Gaji
Ada dua pemikiran tentang bagaimana komposisi imbalan tetap (gaji dan tunjangan) dan variable (bonus insentif) dalam total kompensasi manajer. Pemikiran pertama, merekrut orang baik, membayar mereka dengan baik dan mengharap kinerja baik. Pemikiran kedua, merekrut orang baik, mengharap mereka bekerja dengan baik dan membayar mereka dangan baik jika kinerja sesungguhnya baik.
c.       Tingkat Batas (Cutoff Levels)
Rencana bonus mempunyai tingkat batas atas (bonus maksimum yang dicapai) dan
batas bawah (tidak diberi bonus).
d.      Basis Bonus
Bonus insentif manajer unit bisnis didasarkan pada total laba perusahaan atau pada
laba unit bisnis atau kombinasi dari keduanya.
Kriteria Kinerja (Performance Criteria)
1.      Kriteria Keuangan (Financial Criteria).
Jika unit bisnis berupa pusat laba, maka kriteria keuangan meliputilaba kontribuisi, laba langsung,laba terkendali, laba sebelum pajak, dan laba bersih. Jika unit bisnis berupa pusat investasi, keputusan didasarkan tiga hal : (a) definisa laba (b) definisa investasi, dan (c) pilihan antara ROI dan EVA.
2.      Penyesuaian Faktor- faktor yang Dapat Dikendalikan. Ada 2 macam, yaitu:
a)      Penyesuaian akibat keputusan yang dibuat oleh para eksekutif atasan unit bisnis, dan
b)      Penyesuaian akibat “ perbuatan alam “ dann kecelakaan yang bukan disebabkan oleh kelalaian manajer.
3.      Tunjangan dan Kekurangan Target Keuangan Jangka Pendek. Hal ini bisa menimbulkan perilaku disfungsional.
4.      Mekanisme Untuk Mengatasi Penyimpanan Jangka Pendak. Untuk menghindari perilaku disfungsional, maka bonus didasarkan pada kinerja beberapa tahun.
5.      Benchmark Untuk Perbandingan. Perbandingan bisa didasarkan dengan anggaran laba, kinerja masa lalu, dan kinerja pesaing.
e.       Pendekatan Bonus
Imbalan bonus bagi manajer unit usaha ditentukan dengan menggunakan formula seperti persentase laba operasi unit usaha atau dengan penilaian subjektif oleh atasan, atau kombinasi keduanya.

F. TEORI AGENSI
Konsep hubungan agensi terjadi pada saat satu pihak (principal) sepakat memakai pihak lain (agen) untuk melaksanakan beberapa jasa, dan mendelegasikan keputusan kepada agen. Dalam perusahaan, pemegang saham adalah principal dan CEO adalah agen. Satu elemen kunci dari teori keagenan adalah bahwa principal dan agen mempunyai perbedaan preferensi dan tujuan.
Perbedaan Principal dan Agen
Teori agensi mengasumsikan bahwa semua individu bertindak atas kepentingan mereka sandiri. Agen diasumsikan menerima kepuasan bukan saja dari kompensasi keuangan, tetapi juga dari syarat-syarat yang terlibat dalam hubungan agensi.




Daftar pustaka:
Anthony, Robert N. and Vijay Govindarajan. (2007). Management Control Systems.
12nd ed, New York: Published by McGraw-Hill Education (Asia) and Printed in
Singapore.
Garrison, Ray H , Eric W Noreen and Peter C Brewer. 2006. Managerial Accounting.
Edition 11th . McGraw-Hill Companies, Inc.
Supriyono. R.A. 1999. Akuntansi Manajemen: Konsep Dasar Akuntansi Manajemen dan
Proses Perencanaan. Yogyakarta: BPFE.
Gaspersz, Vincent, (2007). Lean Six Sigma for Manufacturing and Service Industry: Strategi Dramatik Reduksi Cacat/Kesalahan, Biaya, Inventori, dan Lead Time Dalam Waktu Kurang dari 6 Bulan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Supriyono. R.A. 2000. Sistem Pengendalian Manajemen. Buku 1, Edisi pertama,
Yogyakarta : BPFE.
Hansen, Don R. And Marryane M. Mowen. 2005. Management Accounting. Edition 7th.
South-Western of Thomson Learning.
Mulyadi. 1997. Manajemen Akuntansi: Konsep, Manfaat dan Rekayasa. Yogyakarta:
STIE YKP

Pengertian Laba Dalam Akuntansi


LABA ( INCOME)

Laba dalam teori akuntansi biasanya lebih menunjuk pada konsep yang oleh FASB disebut dengan laba komprehensif. Laba komprehensif dimaknai sebagai kenaikan aset bersih selain yang berasal dari transaksi dengan pemilik. Berbeda dengan elemen statemen keuangan, pembahasnan laba meliputi tiga tataran yaitu semantik, sintaktik, dan prakmatik.
Dari sudut pandang perakayasaan akuntansi, konsep laba dikembangkan untuk memenuhi tujuan menyediakan informasi tentang kinerja perusahaan secara luas. Sementara itu, pemakaian informasi mempunyai tujuan yang berbeda-beda. Teori akuntansi laba menghadapi dua pendekatan : satu laba untuk berbagai tujuan atau berbeda tujuan beda laba.
Konsep laba dalam tataran semantik meliputi pemaknaan laba sebagai pengukur kinerja, pengkonfirmasi harapan investor, dan estimator laba ekonomik. Meski akuntansi tidak harus dapat mengukur dan menyajikan laba ekonomik, akuntansi paling tidak harus menyediakan informasi laba yang dapat digunakan pemakai untuk mengukur laba ekonomik yang pada gilirannya untuk menentukan nilai ekonomik perusahaan. Makna kenaikan laba secara umum adalah kenaikan kemakmuran dalam suatu perioda yang dapat dinikmati (didistribusi atau ditarik) asalkan kemakmuran awal masih tetap dipertahankan. Kapital bermakna sebagai sediaan (stock) potensi jasa atau kemakmuran sedangkan laba bermakna  aliran (flow) kemakmuran. Konsep pemertahankan kapital dapat dibedakan antara kembalian atas investasi dalam pengambilan investasi serta antara transaksi operasi dan transaksi pemilik.
Laba adalah tambahan kemampuan ekonomik yang ditandai dengan kenaikan kapital dalam suatu perioda yang derasal dari kegiatan produktif dalam arti luas yang dapat dikonsumsi atau ditarik oleh entitas penguasa/ pemilik kapital tanpa mengurangi kemampuan ekonomik kapital mula-mula (awal perioda). Pada tataran semantik, teori laba berkepentingan untuk menyakinkan bahwa laba merupakan prediktor aliran kas ke investor, bahwa laba akuntansi bermanfaat dalam perkontrakan dan pengendalian manajemen, dan bahwa laba akuntansi mengandung informasi yang bermanfaat bagi investor.
Teori entitas meliputi entitas usaha bersama, entitas bisnis, entitas investor, entitas pemilik, entitas pemilik residual, entitas pengendali, dan entitas dana. Konsep yang melandasi rerangka dasar pengolahan data tidak harus sama dengan konsep yang melandasi bentuk, susunan, dan penyajian statemen laba-rugi.  


Tujuan Pelaporan Keuangan oleh Badan Usaha

Kamis, 03 Januari 2019
Laporan keuangan bukan merupakan tujuan pada dirinya sendiri, tetapi dimaksudkan untuk memberikan informasi yang berguna dalam bisnis dan membuat keputusan ekonomi.
2.      Tujuan dari pelaporan keuangan tidak berubah-mereka dipengaruhi oleh ekonomi, hukum, politik, dan lingkungan sosial di mana terjadi pelaporan keuangan.
3.      Tujuan juga dipengaruhi oleh karakteristik dan keterbatasan jenis informasi yang dapat memberikan pelaporan keuangan.
Ø  Informasi yang berkaitan dengan usaha bisnis dan bukan untuk industri atau perekonomian secara keseluruhan.
Ø  Informasi yang sering hasil dari perkiraan, daripada tepat, langkah-langkah.
Ø  Informasi yang sebagian besar mencerminkan dampak keuangan transaksi dan peristiwa-peristiwa yang telah terjadi.
Ø  Informasi merupakan salah satu sumber informasi yang dibutuhkan oleh mereka yang membuat keputusan tentang bisnis perusahaan.
Ø  Informasi yang disediakan dan digunakan pada biaya.
4.      Tujuan Pernyataan ini adalah orang-orang dari tujuan umum pelaporan keuangan eksternal oleh perusahaan bisnis.
Ø  Tujuan terutama berasal dari kebutuhan pengguna eksternal yang tidak memiliki wewenang untuk menetapkan informasi yang mereka inginkan dan harus bergantung pada manajemen informasi yang berkomunikasi dengan mereka.
Ø  Tujuan diarahkan terhadap kepentingan umum banyak pengguna dalam kemampuan suatu perusahaan untuk menghasilkan arus kas yang menguntungkan tetapi diungkapkan dengan menggunakan kredit investasi dan keputusan sebagai referensi untuk memberikan fokus. Tujuan dimaksudkan untuk menjadi luas daripada sempit.
Ø  Tujuan terkait dengan pelaporan keuangan dan tidak terbatas pada laporan keuangan.
5.      Tujuan menyatakan bahwa:
Ø  Pelaporan keuangan harus memberikan informasi yang berguna untuk hadir dan calon investor dan kreditor dan pengguna lain dalam membuat investasi Prasional, kredit, dan keputusan serupa. Informasi tersebut harus dapat dimengerti oleh mereka yang memiliki pemahaman yang masuk akal bisnis dan kegiatan ekonomi dan bersedia untuk mempelajari informasi dengan ketekunan yang wajar.
Pernyataan FASB Concepts
Ø  Pelaporan keuangan harus memberikan informasi untuk membantu sekarang dan investor potensial dan kreditor dan pengguna lain dalam menilai jumlah, waktu, dan ketidakpastian calon penerimaan kas dari dividen atau bunga dan hasil dari penjualan, penebusan, atau jatuh tempo dari efek atau pinjaman. Karena investor dan kreditor 'arus kas yang berkaitan dengan arus kas perusahaan, pelaporan keuangan harus memberikan informasi untuk membantu investor, kreditur, dan lain-lain menilai jumlah, waktu, dan ketidak pastian calon bersih kas masuk ke perusahaan terkait.
Ø  Pelaporan keuangan harus menyediakan informasi mengenai sumber-sumber ekonomi dari suatu perusahaan, klaim terhadap sumber daya tersebut (kewajiban dari perusahaan untuk mentransfer sumber daya ke entitas lain dan pemilik ekuitas), dan efek dari transaksi, peristiwa, dan keadaan yang mengubah sumber daya dan klaim terhadap sumber daya tersebut.
6.      "Investor" dan "kreditor" digunakan secara luas dan mencakup tidak hanya orang-orang yang memiliki atau merenungkan mengklaim memiliki sumber daya perusahaan, tetapi juga orang-orang yang memberikan saran atau mewakili mereka.
7.      Meskipun kredit investasi dan mencerminkan keputusan investor dan kreditor ekspektasi kinerja perusahaan di masa depan, harapan mereka umumnya didasarkan setidaknya pada masa lalu evaluasi kinerja perusahaan.
8.      Fokus utama pelaporan keuangan adalah informasi mengenai pendapatan dan komponennya.
9.      Informasi tentang pendapatan perusahaan berdasarkan akuntansi akrual secara umum memberikan indikasi yang lebih baik dari suatu perusahaan yang hadir dan melanjutkan kemampuan untuk menghasilkan arus kas baik dari pada informasi terbatas pada
dampak keuangan penerimaan kas dan pembayaran.
10.  laporan keuangan diharapkan dapat memberikan informasi mengenai kinerja keuangan perusahaan selama periode dan tentang bagaimana manajemen suatu perusahaan telah diberhentikan dengan tanggung jawab pelayanan untuk pemilik.
11.  Financial accounting tidak dirancang untuk mengukur secara langsung nilai badan usaha, tetapi memberikan informasi yang mungkin berguna bagi mereka yang ingin untuk memperkirakan nilainya.
12.  Investor, kreditur, dan lain-lain dapat menggunakan laba yang dilaporkan dan informasi mengenai unsur-unsur laporan keuangan dalam berbagai cara untuk menilai prospek arus kas. Mereka mungkin ingin, misalnya, untuk mengevaluasi kinerja manajemen, estimasi "mendapatkan kekuasaan," memprediksi penghasilan, menilai risiko, atau untuk konfirmasi, mengubah, atau menolak prediksi sebelumnya atau penilaian. Meskipun pelaporan keuangan harus menyediakan informasi dasar untuk membantu mereka, mereka melakukan evaluasi mereka sendiri, memperkirakan, meramalkan, menilai, menegaskan, mengubah, atau menolak.
13.  Manajemen tahu lebih banyak tentang perusahaan dan urusan dari investor, kreditur, atau "orang luar" dan karenanya sering kali dapat meningkatkan kegunaan informasi keuangan dengan mengidentifikasi peristiwa-peristiwa dan keadaan tertentu dan menjelaskan dampak keuangan mereka pada perusahaan.
Pernyataan Konsep Akuntansi Keuangan Nomor 1 Tujuan Laporan Keuangan oleh Badan Usaha LAPORAN KEUANGAN  KONSEP AKUNTANSI
Ini adalah yang pertama dalam serangkaian Laporan Akuntansi Keuangan Concepts. Tujuan dari seri adalah dasar ditetapkan di mana akuntansi dan pelaporan keuangan standar akan didasarkan. Lebih khusus lagi, Laporan Akuntansi Keuangan Konsep ini dimaksudkan untuk menetapkan tujuan dan konsep bahwa Dewan Standar Akuntansi Keuangan akan digunakan dalam mengembangkan standar akuntansi dan pelaporan keuangan. Dewan itu sendiri mungkin menjadi pengguna utama dan dengan demikian penerima paling langsung dari petunjuk yang diberikan oleh seri baru. Namun, pengetahuan tentang tujuan dan menggunakan konsep-konsep Dewan harus memungkinkan semua orang yang terpengaruh oleh atau tertarik pada standar akuntansi keuangan untuk lebih memahami isi dan keterbatasan informasi yang disediakan oleh akuntansi dan pelaporan keuangan, dengan demikian melanjutkan kemampuan mereka untuk menggunakan informasi secara efektif dan meningkatkan kepercayaan diri dalam akuntansi dan pelaporan keuangan. Bahwa pengetahuan, jika digunakan dengan hati-hati, dapat juga memberikan panduan dalam menyelesaikan masalah-masalah yang muncul baru atau akuntansi keuangan dan pelaporan dalam berlaku tidak adanya pernyataan otoritatif. Berbeda dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan, Pernyataan Akuntansi Keuangan Konsep tidak menetapkan prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku umum dan karena itu tidak dimaksudkan untuk memohon penerapan Peraturan 203 dari peraturan tingkah laku dari Kode Etik Profesional dari American Institute of Certified Akuntan Publik (atau penggantinya aturan atau penataan ruang lingkup dan maksud yang sama) .*
Seperti pernyataan Dewan, Pernyataan Akuntansi Keuangan Konsep dapat diubah, diganti, atau ditarik kembali oleh tindakan yang tepat di bawah Dewan Aturan Prosedur.
Dewan mengakui bahwa dalam hal-hal tertentu saat ini prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku umum mungkin tidak konsisten dengan orang-orang yang mungkin berasal dari tujuan dan konsep yang ditetapkan dalam Pernyataan ini dan lain-lain dalam seri.
Pada waktunya, Dewan mengharapkan untuk menguji kembali dengan pernyataan-pernyataan, pernyataan-pernyataan pendahulunya penetapan standar tubuh, dan praktik pelaporan keuangan yang ada di dalam terang yang baru diucapkan tujuan dan konsep. Sementara itu, sebuah Pernyataan Akuntansi Keuangan tidak Concepts (a) memerlukan perubahan di Wikipedia prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku umum, (b) mengubah, memodifikasi, atau menafsirkan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan, Interpretasi dari FASB, efektif Pendapat tentang Akuntansi Prinsip Board, atau efektif Buletin Komite Prosedur Akuntansi, atau (c) membenarkan perubahan baik yang ada akuntansi yang berlaku umum dan praktik pelaporan atau menafsirkan pernyataan tercantum dalam butir (b) berdasarkan interpretasi pribadi dari tujuan dan konsep-konsep dalam Laporan Keuangan Accounting Concepts. Untuk menetapkan tujuan dan konsep tidak akan, dengan sendirinya, langsung memecahkan akuntansi keuangan dan pelaporan masalah. Sebaliknya, tujuan dan konsep adalah alat untuk memecahkan masalah. Selain itu, meskipun individu Laporan Akuntansi Keuangan Konsep mungkin dikeluarkan berturut-turut, mereka akan membentuk kohesif seperangkat konsep saling terkait dan akan sering perlu untuk digunakan bersama-sama. Seri baru Laporan Akuntansi Keuangan Konsep ini dimaksudkan dan diharapkan untuk melayani kepentingan publik dalam konteks peran akuntansi dan pelaporan keuangan dalam perekonomian-untuk menyediakan evenhanded keuangan dan informasi lain yang, bersama-sama dengan informasi dari sumber lain, memfasilitasi berfungsi efisien modal dan pasar lain dan sebaliknya membantu dalam mempromosikan efisien alokasi sumber daya yang langka dalam perekonomian.


Makalah Jejaring Sosial

Selasa, 01 Januari 2019

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Di era globalisasi dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin canggih, penyebaran informasi serta akses telekomunikasi semakin cepat dan mudah. Tidak dapat dipungkiri hal tersebut baik secara langsung maupun tidak langsung mempunyai dampak bagi masyarakat, baik itu berdanpak positif maupun negatif. Dampaknyapun tidak terbatas terhadap kalangan tertentu saja, namun telah meluas ke semua kalangan baik kalangan terpelajar maupun yang bukan terpelajar.
Internet merupakan salah satu hasil dari kecanggihan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi buatan manusia. Dan salah satu kemajuan ilmu teknologi itu adalah munculnya berbagai situs jejaring sosial sebagai media informasi. Hal ini tentu membuat kita mendapatkan informasi lebih cepat. Situs jejaring sosial di internet bermacam-macam jenis dan bentuknya, namun yang paling dikenal dan banyak digandrungi remaja jaman sekarang adalah Facebook, Friendster, my space, dan twitter.
Pada zaman teknologi seperti sekarang ini, hampir semua kehidupan manusia tergantung pada mesin. Sudah banyak yang dibuat untuk memudahkan kehidupan manusia. Komputer memudahkan suatu mesin yang dibuat untuk membantu kehidupan manusia, untuk semua bidang, seperti perbankan, pendidikan, perdagangan, dan sebagainya. Teknologi sangat berperan penting dalam kehidupan, dengan adanya teknologi kita akan lebih  mudah mengenal apa yang namanya intenet,televisi, mesin, komputer dan masih banyak lagi. Teknologi juga mengalami perubahan mengikuti perkembangan zaman.
Teknologi informasi merujuk pada seluruh bentuk teknologi yang digunakan untuk menciptakan, menyimpan, mengubah, dan menggunakan informasi dalam segala bentuknya. Teknologi informasi merupakan sebuah bentuk umum yang menggambarkan setiap teknologi yang membantu menghasilkan, memanipulasi,menyimpan, mengkomunikasikan, dan atau menyampaikan informasi. Pada persaingan bisnis yang berbasis teknologi harus memiliki keselarasan dengan strategi bisnis yang dijalankan oleh perusahaan.
2.2 Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas dihasilkan rumusan masalah sebagai berikut:
·         Bagaimana dampak positif dan negatif dari teknologi?
·         Bagaimana penerapan teknologi informasi dalam bisnis online?
·         Seberapa pengaruh peran teknologi dalam kehidupan manusia?




















BAB II
PEMBAHASAN

1.      Jejaring Sosial
Jejaring sosial adalah struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi. Jejaring ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga. Istilah ini diperkenalkan oleh profesor J.A. Barnes di tahun 1954.Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll.
·         Macam- macam jejaring sosial
a.       Facebook
b.      Blog
c.       Twiter
d.      Web
e.       YM

2.  Manfaat Jejaring Sosial
Sebagian orang mungkin berpendapat bahwa jejaring sosial di kaitkan dengan pengaruh yang negatif. Jejaring sosial dapat bermanfaat jika kita menggunakannya untuk hal-hal yang positif.
 Dampak positif :
Ø  Sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan teman. Dengan jejaring sosial kita dapat berkomunikasi dengan orang lain meski jarang bertemu.
Ø  Sarana untuk berbagi. Maksudnya yaitu kita dapat berbagi pengalaman hidup atau suatu informasi yang kita dapat.
Ø  Sarana untuk berekspresi yaitu kita dapat menulis bebas baik berupa puisi, pantun, ataupun sebuah artikel.
Ø  Sebagai sarana untuk promosi yaitu Kita dapat mempromosikan barang dagangan yang akan kita jual lewat facebook maupun blog pribadi.
Ø  Sebagai sarana diskusi
Ø  Sebagai tempat curhat
Ø  Tempat bisnis online

Dampak Negatif  :
Ø  Walaupun jejaring sosial mempunyai banyak manfaat, tetapi jejaring sosial mempunyai dampak negatif. Adapun dampak negatif dari jejaring sosial, yaitu:
Banyak orang yang menggunakan jejaring sosial dengan waktu yang tidak sebentar, sehingga waktu kita terbuang sia-sia.
Ø  Menghabiskan banyak uang untuk pergi ke warnet atau membeli pulsa telpon untuk facebook via hp.
3. Ancaman Jejaring Sosial dan Media Sosial
kecanduan jaringan sosial internet merupakan ancaman yang benar-benar ada. Seperti contonnya ketika seseorang telah berada didepan laptop atau komputernya dan membuka akun facebooknya mereka akan asyik dengan dunia baru mereka, yang membuat mereka membuang banyak waktu dan melupakan hal- hal lain dalam hidupnya, seperti pekerjaanya dan tugas- tugasnya.
 Selain itu juga banyak ditemukan adanya penyalahgunaan jejaring sosial yang mana hal ini bisa merugikan banyak pihak. Seperti halnya penipuan dalam bentuk bisnis online, tindakan criminal seperti penculikan lewat akun facebook dan banyaknya situs dewasa atau pornografi yang ditampilkan di jejaring sosial, yang mana kita tahu saat ini pengguna internet bukan hanya kalangan dewasa tapi semua kalangan seperti anak dibawah umur sudah dikenalkan dengan sistem ini, tetapi pada kenyatan yang kita jumpai banyak kita lihak bebagai iklan muncul dari berbagai situs yang mengekspos model-model dewasa.
Berbicara media sosial seakan-akan tidak ada henti-hentinya. Beberapa situs media sosial yang terkenal seperti Facebook maupun Twitter sudah menjadi gaya hidup masyarakat modern baik dari kalanggan anak-anak, dewasa, maupun orang tua sudah banyak menggunakan situs itu. Bahkan ada juga yang masih dibawah umur menggunakannya. Adapun dampak Positif dan Negatif media sosial yang penggunanya anak-anak :
Positif :
·         Sebagian besar situs media sosial sudah cukup baik, tapi ada juga yang tidak baiknya. Itu adalah tempat di mana anak-anak bersosialisasi, dan memiliki banyak teman di berbagai penjuru dunia. Mengingat tempat sosial anak-anak semakin hari semakin berkurang maka dari itu media sosial memungkinkan mereka memilikiwaktu untuk bertemu.
·         Beberapa studi menyebutkan bahwa media sosial mendorong anak-anak untuk berhubungan antara satu dengan lainnya dan juga untuk mengekspresikan kreatifitasnya.
·         Ada juga kalanya anak-anak mendapatkan berbagai macam informasi yang bermanfaat bagi mereka.


Negatif :
·         Media sosial menargetkan penggunanya bagi usia remaja keatas tetapi anak dibawah umur sudah menggunakan situs tersebut. Hal  ini terjadi karena kurangnya perhatian orang tua terhadap anak.
·         Konten pornografi yang mungkin muncul di situs-situs media sosial juga merupakan hal negatif yang sulit dibatasi. Misalnya saat mengirim dan menerima gambar hanya dalam hitungan detik saja hal itu terjadi karena adanya rasa ingin tahu anak-anak pada masa tumbuh kembangnya akan suatu hal.
·         Ketika anak-anak remaja dan pra remaja mulai banyak menghabiskan waktunya disitus-situs media sosial, maka akan banyak terjadi gejala-gejala yang timbul, seperti berubahnya waktu tidur menjadi larut malam dan  makan akan menjadi tidak teratur atau lupa makan.

4.Siaran Televisi
Memiliki televisi pada zaman sekarang ini bukanlah suatu hal yang luar biasa, karena sudah banyak teknologi lain yang dimiliki orang dan lebih canggih dari televisi. Televisi merupakan salah satu pioner dalam penyebaran informasi yang menggunakan satelit dan kini menjadi media informasi yang terus berkembang pesat. Tetapi siaran televisi ada yang menayangkan tayangan yang bersifat positif dan negatif.
Keunggulan dari televisi dapat merangsang seluruh alat indra manusia dan merubah persepsi sehingga pada akhirnya mempengaruhi perilaku pemirsa. Media televisi sebagaimana media massa lainnya yang berperan sebagai alat informasi, hiburan, kontrol sosial dan penghubung wilayah secara geografis. Dampak acara televisi  meliput: Acara televisi dapat mengancam, menguatkan, dan akan membentuk nilai-nilai sosial dalam kehidupan masyarakat. Banyak acara-acara televisi yang layaknya ditonton oleh orang dewasa, ternyata ditonton oleh anak-anak. Dengan hal tersebut sebaiknya setiap orang tua mendampingi anak-anaknya dalam pemilihan siaran televisi agar anak tidak meniru perilaku yang sifatnya merugikan dirinya.
Meningkatnya kenakalan remaja saat ini merupakan salah satu dampak dari media teknologi informasi yaitu program siaran televisi yang dinilai kurang memberikan nilai edukatif bagi remaja ketimbang nilai moralnya. Hal ini disebabkan karena industri perfilman kurang memberikan pesan-pesan moral terhadap siaran yang ditampilkan. Seperti yang menayangkan tentang pergaulan bebas remaja, tayangan mengkonsumsi obat-obatan terlarang, kisah percintaan remaja hingga menimbulkan seks bebas.maka dari itu teknologi informasi yang berupa televisi ada yang dapat memberikan manfaat dan ada juga yang merugikan.
5. Pengembangan Bisnis Berbasis IT dan Penyalahgunaan Teknologi
Semua perusahaan bergelut untuk mampu tetap kompetitif dan selalu memiliki peluang serta potensi untuk menang. Persaingan dunia bisnis pada teknologi informasi pasti  memiliki keunikan. Keunikan yang membedakan setiap perusahaan dengan perusahaan lainnya dalam sebuah industri, diwujudkan dalam bentuk akhir dari produk yang ditawarkan maupaun keunikan dalam proses bisnis perusahaan tersebut. Strategi bisnis yang berbasis IT sangat penting bagi perusahaan untuk dapat memenangkan persaingan pasar.
Peranan IT dalam strategi bisnis yaitu:
·         Sebagai konservatif untuk mendukung dalam organisasi
·         Memegang peran yang kritis dan penting dalam organisasi
·         Sebagai inivator dalam bisnis

Laju perkembangan teknologi sendiri tidak bisa kita hentikan. Seperti adanya orang  yang membuat aplikasi baru maka orang yang membuat atau mengimplementasikan teknologi serta para pengguna teknologi yang harus bertanggung jawab , bukan si teknologinya yang harus bertanggung jawab.  Penggunaan secara  negatif dari suatu teknologi pasti akan tetap ada. Misalnya, twitter banyak digunakan untuk keperluan yang dapat mengganggu orang lain.
E-commerce adalah suatu jenis dari mekanisme bisnis secara elektronik yang memfokuskan diri pada transaksi bisnis berbasis individu dengan menggunakan internet (teknologi berbasis jaringan digital) sebagai medium pertukaran barang atau jasa baik antara dua buah institusi (business to  business) dan konsumen langsung (business to consumer), melewati kendala ruang dan waktu yang selama ini merupakan hal-hal yang dominan.

·         Contoh Bisnis On line (E-Commerce)
Banyak sekali yang dapat kita lakukan melalui E-Commerce yaitu :
1.      Pembelian buku melalui online.
2.      Pembelian elektronik melalui online.
3.      Pembelian kendaraan melalui online.
4.      Pembelian pakaian melalui online, dll

BAB III
KESIMPULAN

Dapat disimpulkan bahwa teknologi informasi sangat berperan penting dalam kehidupan. Terdapat berbagai macam teknologi tergantung dengan kebutuhannya masing-masing. Media sosial merupakan hubungan atau realisasi yang terdapat didalam masyarakat. Untuk itu masyarakat memerlukan landasan material untuk melakukan kegiatan dengan menggunakan alat transportasi, serta landasan spiritual, untuk mengadakan komunikasi dengan menggunakan bahasa dan isyarat.
Jejaring sosial adalah struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi. Jejaring sosial memiliki banyak manfaat, tetapi juga memiliki dampak yang buruk bagi kita. Kita juga dapat menemukan bahkan memberikan informasi kepada siapa saja yang membutuhkan. Jejaring sosial juga penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Dapat disimpulkan bahwa teknologi informasi sangat berperan penting dalam kehidupan. Terdapat berbagai macam teknologi tergantung dengan kebutuhannya masing-masing.
Media sosial merupakan hubungan atau realisasi yang terdapat didalam masyarakat. Untuk itu masyarakat memerlukan landasan material untuk melakukan kegiatan dengan menggunakan alat transportasi, serta landasan spiritual, untuk mengadakan komunikasi dengan menggunakan bahasa dan isyarat.
E- Commerce merupakan suatu mekanisme dalam bisnis on line yang terdiri dari promosi, jual/beli produk dan jasa melalui internet. Melalui internet semua dapat mejadi terjangkau tanpa ada halangan waktu dan tempat. Namun dalam pelaksaannya bisnis on line memiliki dapak positif dan negatif. Dampak postif yang dapat dirasakan secara langsung yakni kemudahan dalam memasarkan barang serta mengurangi biaya bahkan sering disebut sebagai bisnis yang sangat murah dan praktis.

DAFTAR PUSTAKA

Suyanto, M. 2005. Pengantar Teknologi Informasi untuk Bisnis. Yogyakarta : Andi.
Tulisan anak kos (2009). Makalah dampak penyalahgunaan facebook. From http://tulisananakkos.wordpress.com/2009/10/31/makalah-dampak-penyalahgunaan-facebook/, 31 0ktober 2009.
http://andi-hamzah.blogspot.com/2009/10/upaya-pencegahan-dan-penanggulangan.html
Albarda (2004). Strategi Implementasi TI untuk Tata Kelola Organisasi (IT Governance). From trrrvvvvvvvvvvvvvvvvhttp://rachdian.com/index2.php?option=com_docman&task=doc_view&gid=27&Itemid=30, 3 August 2008   
Mulyadi, 2002. Auditing. Edisi 6. Jakarta : Salemba Empat.

Oktavia,  Melani.  2005,  “Analisis  Faktor-Faktor  Yang    Memotivasi  Pemilihan Karir  Bagi  Mahasiswa  Akuntansi.  (Studi  Survey  Pada  Universitas Widyatama Bandung)”. Skripsi. Universitas Widyatama

Rahayu, Sri. 2003. Persepsi Mahasiswa Akuntansi Mengenai Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Karir. Simposium Nasional Akuntansi VI.

Widyastuti, dkk. 2004. Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi. Simposium Nasional Akuntansi VII.