Mengenal Platform Pemrograman JAVA | Gudang artikel

Mengenal Platform Pemrograman JAVA

Rabu, 26 September 2012


Java adalah sebuah platform teknologi pemrograman yang dikembangkan oleh Sun Microsystem. Pertama kali di-release tahun 1991 dengan nama kode Oak. Kemudian tahun 1995 nama kode Oak diganti menjadi Java. Yang memotivasi Java dibuat adalah untuk membuat sebuah bahasa pemrograman yang portable dan independent terhadap platform (platform independent). Java dapat membuat perangkat lunak yang dapat ditanamkan (embedded) pada berbagai mesin dan peralatan konsumer, seperti handphone, microwave, remote control, dan lain-lain. Hal ini kemudian Java memiliki konsep yang disebut write once run anywhere. Konsep Object Oriented sebenarnya bukanlah barang baru dalam dunia bahasa pemrograman. Konsep ini sudah lama ada dimulai dari bahasa pemrograman Small Talk, LISP, C ++, dan beberapa bahasa pemrograman lainnya.
 

Mengapa menggunakan Java dalam mempelajari PBO?

Sintaks Java merupakan pengembangan dari bahasa C/C++. Pemrograman Java memiliki
beberapa keunggulan diantaranya:
  1. Bersifat protable dan platform independent. Program Java yang telah ditulis akan dapat dieksekusi di mesin apapun dan sistem operasi apapun tanpa harus mengubah sedikitpun dari program tersebut.
  2. memiliki garbage collection yang dapat mendealokasikan memori secara otomatis.
  3. menghilangkan sifat pewarisan berganda yang terdapat pafa C++.
  4. Mengurangi pointer aritmetika. Pengaksesan lokasi memori secara langsung dengan menggunakan pointer memungkinkan program untuk melakukan suatu tindakan yang tidak seharusnya atau tidak boleh dilakukan. Untuk mengurangi kemungkinan kesalahan seperti ini penggunaan pointer pada Java telah dibatasi dengan menggunakan reference.
  5. memiliki array sejati.
  6. mengurangi kerancuan antara pemberian nilai pada statement conditional.
Selain itu Java memiliki karakteristik:
1. Berorientasi Objek
2. Robust
3. Portable
4. Multithreading
5. Dinamis
6. Sederhana
7. Tredistribusi
8. Aman
9. Netral secar arsitektur
10. Interpreter
11. Berkinerja tinggi
12. free / bebas licence

Gambar 1. Lingkungan Kerja JAVA

1. Pengembangan Program JAVA
            Terdapat banyak macam pengembangan Java yang baik termasuk produk dari Sun, Borland, dan Symantec. Semuanya dilengkapi dengam lingkungan yang nyaman untuk membuat dan mengubah source code, mengkompilasi, dan memeriksa kesalahan program.
            Sintaks dalam program Java mirip dengan C dan C++, sehingga memudahkan programmer C dan C++ untuk mempelajarinya. Sebaliknya, baru mereka yang baru pertama kali mempelajari Javatetapi belum mengenal C dan C++, akan mudah mempelajari C++ di kemudian hari.

1.2 Menginstall Java
            Sebelum memulai pemrograman Java, anda harus menginstal Java Development Kit (JDK) yang disediakan oleh Sun Microsystem dengan cuma-cuma (dapat didownload di http://java.sun.com)
           

0 komentar:

Posting Komentar